Home » Featured, news

Telkom Indikasikan Batal Kuasai Bisnis Menara

Written By: admin on Desember 8, 2009 No Comment
BTS (ist)

Achmad Rouzni Noor II - detikinet

Jakarta - Telkom membersitkan indikasi batalnya akuisisi terhadap perusahaan penyedia jasa sewa menara terbesar, Indonesian Tower yang dimiliki Solusi Kreasindo Pratama. Meski demikian, keputusan itu belum dinyatakan final.

Indikasi batalnya akuisisi tersebut terlontar dari mulut Chief Operating Officer Telkom, Ermady Dahlan, dalam forum Investor Summit 2009 di Hotel Ritz Carlton, Pasific Place, Jakarta, Rabu (2/12/2009).

“Kami baru sebatas CSPA (Condition & Sales Purchase Agrement), belum final due dilligence. Bahkan ada indikasi akusisi tersebut tidak terjadi,” sebut pria yang juga menjabat sebagai Direktur Network Solution Telkom itu.

Kabar ini segera detikINET konfirmasikan kepada Direktur Utama Telkom, Rinaldi Firmansyah. Jawaban serupa diberikan pria ini. “?Memang masih CSPA dan due dilligence, tapi belum final,” tegasnya.

Pemilik sekaligus Presiden Direktur Indonesian Tower, Sakti Wahyu Trenggono, belum mau berkomentar banyak mengenai indikasi batalnya pembelian ini. “Kita tunggu saja nanti,” tandasnya.

Telkom Group dalam menyelenggarakan jasa telekomunikasi memiliki sekitar 20 ribu menara untuk menunjang transmisi base station. Menara itu digunakan untuk Telkomsel dan TelkomFlexi.

Sementara Indonesian Tower yang akan diakuisisi memiliki kurang lebih 12.000 menara. Jika kedua perusahaan itu bergabung, sudah pasti bisnis menara yang dikelola Telkom Group akan semakin menggurita.

Telkom Group sendiri menargetkan anggaran belanja modal (capital expanditure/ capex) pada 2010 sama seperti tahun sebelumnya senilai US$ 2 miliar dengan alokasi 70% untuk Telkomsel. “Sedangkan 30% sisanya untuk guidance kami,” kata Ermady.

Bagi Telkomsel, dana tersebut akan digunakan untuk memperkuat dan menambah infrastruktur selulernya, dengan alokasi 70% untuk 2G dan 30% untuk 3G. Porsi tersebut bergeser, dimana untuk 3G tahun depan 10% lebih banyak dibanding tahun sebelumnya. Sebaliknya dengan 2G yang porsinya dikurangi 10%. ( rou / faw )

http://www.detikinet.com/read/2009/12/02/180707/1252929/328/telkom-indikasikan-batal-kuasai-bisnis-menara
Digg this!Add to del.icio.us!Stumble this!Add to Techorati!Share on Facebook!Seed Newsvine!Reddit!Add to Yahoo!

Leave a Reply:

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Copyright © 2009 PT Whidia Bharaya, Konsultan Tower Telekomunikasi dan Transmisi. | WP | Gandhi